Tata Cara Sholat Tahajud Perempuan yang Lengkap dan Benar

Tata Cara Sholat Tahajud Perempuan yang Lengkap dan Benar

Tata cara sholat tahajud perempuan tidak ada bedanya dengan tata cara sholat wajib pada umumnya. Namun, ada beberapa perbedaan dan syarat yang harus kamu penuhi saat melaksanakan ibadah satu ini. Untuk informasi lengkapnya, simak jawaban yang sudah terangkum di bawah ini!

 

Tata Cara Sholat Tahajud Perempuan

Sholat tahajud merupakan ibadah sunnah yang hanya bisa kamu lakukan di sepertiga malam hingga sebelum memasuki waktu sholat subuh. Berikut tata cara sholat tahajud perempuan dan bacaannya yang bisa kamu jadikan sebagai panduan:

  • Membaca Niat

Pertama adalah membaca niat. Berikut bacaan niat sholat sunnah tahajud yang benar untuk dua rakaat:

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَ جُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Bahasa latin: Ushallii sunnata-ttahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat sholat sunnah tahajud 2 rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

  • Takbiratul Ihram dan Membaca Doa Iftitah

Setelah takbir, bacalah doa iftitah seperti yang sering kamu baca ketika melaksanakan sholat wajib pada umumnya.

  • Membaca Surat Al-Fatihah dan Surat Al-Baqarah

Kemudian, lanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah. Setelah itu, lanjutkan dengan membaca surat pendek. Di rakaat pertama, kamu dianjurkan untuk membaca surat Al-Baqarah ayat 284-285.

  • Rukuk

Setelah itu, rukuk dan baca doanya seperti pada umumnya.

  • I’tidal

Kemudian, sambung dengan membaca doa i’tidal.

  • Sujud

Setelah membaca doa i’tidal, gerakan selanjutnya adalah sujud. Bacalah doa sujud yang sering kamu baca ketika melaksanakan sholat wajib.

  • Duduk di Antara Dua Sujud

Gerakan berikutnya, duduk di antara dua sujud. Kemudian, lanjutkan dengan sujud kedua.

  • Berdiri dan Mengerjakan Rakaat Kedua

Berikutnya adalah mengerjakan rakaat kedua, yaitu membaca surat Al-Fatihah dan dilanjutkan dengan bacaan surat Ali-Imran ayat 18-19. Gerakan selanjutnya ikuti tata caranya seperti di atas. Kemudian, akhiri sholat dengan mengucapkan salam.

Info Bermanfaat Lainnya:  7 Model Rambut Wanita Gemuk Agar Terlihat Kurus, Bisa Bikin Tambah Pede

 

Keutamaan dan Syarat Melakukan Sholat Sunnah Tahajud

Sama seperti sholat wajib, sholat sunnah juga memiliki keutamaan bagi setiap muslim yang melaksanakannya. Keutamaan sholat tahajud untuk wanita adalah menjadi ibadah sunnah utama dan paling utama setelah sholat 5 waktu.

Ketika melaksanakan ibadah sunnah tahajud kamu harus memenuhi beberapa syarat. Berikut beberapa syarat sholat tahajud yang harus kamu penuhi:

  • Waktu pelaksanaannya setelah waktu sholat isya hingga sebelum memasuki waktu subuh.
  • Tidak ada batasan dalam melaksanakan sholat tahajud. Minimal dua rakaat. Jika kamu melaksanakan lebih dari dua rakaat, kamu harus mengerjakannya sebanyak dua rakaat dan diakhiri dengan mengucap salam. Kemudian, lanjutkan dengan rakaat berikutnya.

 

3 Keajaiban Sholat Tahajud

Terdapat 3 keajaiban sholat tahajud bagi setiap muslim yang melaksanakannya. Ketiga keutamaan tersebut, antara lain:

 

1. Doa yang akan Terkabul

Sholat sunnah ini termasuk bagian dari ikhtiar para umat muslim untuk meminta sesuatu kepada Allah SWT. Jika kamu rutin melaksanakan tahajud meski hanya dua rakaat, doa-doa yang kamu harapkan akan mudah terkabul.

 

2. Mendapat Rahmat dari Allah SWT

Sebagai sholat sunnah utama, tidak heran jika Allah SWT sangat mencintai dan memberikan rahmat kepada setiap muslim yang rutin melaksanakan ibadah dua rakaat di sepertiga malam. Dengan rahmat Allah SWT, maka kehidupan yang kamu lewati jauh lebih ringan dan selalu terlindungi.

 

3. Dicintai Allah SWT

Berikutnya adalah dicintai oleh Allah SWT. Bahkan, Allah akan memberitahu malaikat Jibril jika Ia sangat mencintai hamba-Nya yang rutin melaksanakan ibadah tahajud. Kemudian, malaikat Jibril memberitahu ke seluruh makhluk ciptaan Allah SWT untuk ikut mencintai hamba tersebut.

 

Sudah Tahu Tata Cara Sholat Tahajud Perempuan?

Itulah tata cara dan 3 keajaiban melaksanakan sholat sunnah tahajud bagi perempuan. Supaya kamu kecanduan melaksanakan ibadah di sepertiga malam, cobalah untuk melakukan niat dan tidur lebih cepat. Ini merupakan cara agar terbiasa sholat tahajud yang bisa kamu coba terapkan.

Info Bermanfaat Lainnya:  7 Face Wash Untuk Kulit Bruntusan dengan Kualitas Terbaik