Begini Tata Cara Sholat saat Istihadhah bagi Wanita

Begini Tata Cara Sholat Saat Istihadhah Bagi Wanita

Saat mengalami istihadhah, ada beberapa larangan bagi wanita istihadhah yang tidak boleh dilakukan. Meski demikian, sholat adalah kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan. Sehingga, kamu perlu mengetahui tata cara sholat saat sedang istihadhah.

Sebab, ada beberapa hal penting yang berkaitan dengan cara melakukan sholat saat istihadhah bagi wanita. Berikut penjelasannya secara lengkap hanya untuk kamu. Yuk, simak!

 

Apa Itu Istihadhah?

Apa itu istihadhah? Secara ringkas, istihadhah merupakan keadaan ketika seorang wanita mengeluarkan darah karena penyakit tertentu. Namun demikian, kamu perlu memperhatikan kondisi yang berkaitan dengan haid dan istihadhah.

Pasalnya, penyebab istihadhah cukup beragam, bisa karena ketidakseimbangan hormon yang mengakibatkan menstruasi berkepanjangan. Oleh karena itu, kamu harus hati-hati apakah darah yang keluar merupakan darah haid atau istihadhah.

 

3 Kondisi yang Perlu Diperhatikan

Jika kamu ragu dalam membedakan darah haid dan istihadhah, pertimbangkan 3 kondisi berikut ini:

  • Pertama, apabila kamu mengalami haid teratur. Kamu bisa menyesuaikan tanggal haid. Jika darah keluar terus menerus sampai melebihi tanggal haid, sisa harinya bisa dihitung sebagai istihadhah. Oleh karena itu, kamu harus melakukan tata cara sholat saat istihadhah sesuai anjuran agama.
  • Kedua, jika kamu memiliki kebiasaan haid yang tidak teratur, maka cara membedakannya dengan memperhatikan sifat darah. Secara umum, sifat darah haid lebih berbau, kental, dan memiliki warna yang gelap. Sebaliknya, darah istihadhah tidak berbau, nampak cair, dan berwarna merah terang.
  • Ketiga, apabila kamu tidak memiliki kebiasaan haid teratur serta tidak bisa membedakan sifat darah. Maka, langkah yang harus kamu ambil, yaitu dengan menghitung setiap bulannya enam sampai tujuh hari sebagai waktu haid. Apabila setelah itu darah terus muncul, dihitung sebagai istihadhah.

Berikutnya, setelah yakin kamu dalam kondisi istihadhah, kamu bisa memikirkan cara menyembuhkan darah istihadhah. Sehingga, darah bisa berhenti keluar.

 

Tata Cara Sholat saat Istihadhah bagi Wanita

Berikut ini tata cara sholat saat istihadhah bagi wanita yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

 

1. Bersihkan Area Kewanitaan

Sebelum melakukan sholat, kamu wajib membersihkan area kewanitaan. Setelah itu, kamu bisa menutupnya dengan kain, kapas, atau pembalut. Cara ini dilakukan supaya darah tidak menetes keluar, bahkan sampai mengotori tempat sholat.

 

Maka dari itu, pastikan kamu membersihkan area kewanitaan dan menggunakan pembalut, ya!

 

2. Berwudhu

Sesudah itu, kamu bisa bersuci atau berwudhu. Di samping itu, wudhu tersebut berlaku untuk satu kali sholat. Sehingga, setiap akan melakukan sholat, kamu wajib berwudhu kembali.

 

3. Segerakan Sholat

Dalam tata cara sholat saat istihadhah, kamu perlu menyegerakan sholat. Apabila kamu menunda-nunda sholat, hal-hal yang sudah dilakukan seperti membersihkan area kewanitaan dan berwudhu akan dianggap batal. Maka dari itu, kamu perlu mengulanginya kembali.

 

4. Batalnya Sholat

Cara melakukan sholat saat istihadhah tidak ada ritual khusus, namun ada beberapa kondisi tertentu yang membatalkan sholat. Apabila saat kamu sudah menggunakan pembalut dan darah keluar yang disebabkan banyaknya darah, kondisi ini tidak membatalkan sholat.

Namun, jika darah yang keluar akibat kelalaian, seperti menunda-nunda sholat, tentu saja sholatnya menjadi batal.

 

5. Batalnya Wudhu

Begitu juga dengan wudhu yang menjadi batal, karena sudah keluar waktu sholat. Sebab, wanita yang sedang istihadhah wajib berwudhu setiap akan menunaikan ibadah sholat fardhu. Di samping itu, wudhu juga menjadi batal apabila keluar hadas lain, bukan darah istihadhah.

 

Sudah Tahu Tata Cara Sholat saat Istihadhah?

Tata cara sholat saat istihadhah yang tepat, yakni mulai dari memastikan bahwa kamu dalam kondisi istihadhah. Kemudian, sebelum sholat, bersihkan area kewanitaan, pakai pembalut, berwudhu, dan segerakan sholat. Sholat dan wudhu kamu bisa batal bila darah merembes akibat kelalaian, yakni menunda-nunda sholat.