Perhatikan dan Terapkan Syarat Sholat Tahajud agar Sah

Perhatikan dan Terapkan Syarat Sholat Tahajud agar Sah

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada sepertiga malam terakhir. Meskipun bukan sholat wajib, sholat tahajud jadi salah satu sholat mustajab yang banyak dikerjakan oleh kaum muslim. Oleh karena itu, perlu tahu syarat sholat tahajud agar ibadah tahajud menjadi sah di mata Allah Ta’ala.

Sholat tahajud juga merupakan salah satu sholat sunnah yang memiliki berbagai keutamaan, baik keutamaan sholat tahajud untuk wanita maupun laki-laki. Supaya mendapat keutamaan tahajud, pastikan kamu tahu syarat-syarat sahnya.

5 Syarat Sah Sholat Tahajud untuk Orang Islam

Untuk melaksanakan sholat tahajud, kamu perlu memahami syarat-syaratnya agar ibadahmu menjadi sah. Berikut adalah beberapa syarat sah sholat tahajud yang perlu kamu ketahui:

1. Bersih dan Suci

Syarat ibadah tahajud yang pertama adalah bersih dan suci. Syarat sah bersih dan suci ini juga perlu kamu terapkan di sholat wajib dan ibadah-ibadah lainnya. Bersih dalam hal ini adalah kamu harus terbebas dari najis seperti kotoran dan sebagainya. Sedangkan suci berarti bahwa kamu harus terbebas dari hadas besar dan kecil.

Untuk membuat diri bersih dari hadas atau najis, kamu perlu melakukan wudhu seperti halnya yang kamu lakukan sebelum menjalankan sholat wajib. Pastikan kamu melakukan wudhu sesuai dengan syarat wudhu yang benar agar sholat tahajud kamu sah.

2. Dilaksanakan Setelah Sholat Isya’

Sholat tahajud merupakan ibadah sholat yang umat muslim kerjakan pada sepertiga malam terakhir, yaitu antara pukul 01.00 hingga pukul 03.30. Untuk itu, sebelum melakukan sholat tahajud, beberapa ulama mengatakan bahwa harus melakukan sholat isya’ terlebih dahulu.

Dalam hal ini, maksudnya adalah makruh hukumnya apabila kamu menjalankan sholat isya’ bersamaan dengan sholat tahajud di sepertiga malam terakhir. Sehingga, pastikan kamu telah menjalankan sholat isya’ sebelum masuk waktu sepertiga malam.

3. Dilaksanakan Setelah Istirahat Malam

Banyak ulama juga mengatakan bahwa syarat sholat tahajud harus dilakukan setelah melakukan istirahat malam. Apabila kamu telah melaksanakan sholat isya’, maka sebaiknya kamu melakukan istirahat malam atau tidur terlebih dahulu, kemudian bangun untuk melakukan sholat tahajud.

Ibadah sholat tahajud yang kamu lakukan tidak sebelum melakukan istirahat malam, akan terhitung sebagai ibadah sholat malam. Jadi, sebaiknya kamu melakukan sholat tahajud setelah tidur malam, ya!

4. Tidak Mengulang Witir Dua Kali

Beberapa orang banyak yang melakukan sholat witir sebelum tidur dikarenakan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam juga melakukan hal serupa. Sehingga sholat witir sebelum tidur terhitung sebagai sunnah nabi. Namun, beberapa juga menjalankan sholat witir setelah menyelesaikan sholat tahajud.

Sebaiknya, apabila telah melaksanakan sholat witir sebelum tidur, maka kamu tidak perlu lagi menjalankan sholat witir setelah melaksanakan sholat tahajud. Hal ini adalah anjuran beberapa ulama.

5. Menutup Aurat dengan Sempurna dan Membaca Niat

Sama dengan ibadah sholat lainnya, menutup aurat dan membaca niat adalah salah satu syarat sah sholat tahajud.

Untuk laki-laki, batas aurat adalah antara pusar hingga lutut. Jadi alangkah baiknya mengenakan pakaian yang menutupi badan sampai bawah lutut. Sedangkan untuk perempuan, seluruh tubuh harus tertutup kecuali wajah dan telapak tangan. Kamu bisa pelajari juga tata cara sholat tahajud perempuan agar makin paham.

Apakah Kamu Sudah Memahami Syarat Sah Sholat Tahajud?

Sekian penjelasan mengenai beberapa syarat sah ibadah tahajud yang perlu kamu ketahui. Menjalankan sholat tahajud merupakan ibadah sunnah yang memiliki banyak sekali keutamaan. Jadi, pahami cara agar terbiasa sholat tahajud untuk dapatkan keajaiban sholat tahajud setiap harinya.