6 Perlengkapan Umroh Wanita 12 Hari, Jangan Sampai Ketinggalan!

Perlengkapan Umroh Wanita 12 Hari

Menunaikan ibadah umroh merupakan salah satu kewajiban wanita beragama. Untuk melengkapi ibadah, perlengkapan umroh wanita 12 hari perlu diketahui sebagai persiapan menuju tempat tersuci umat muslim. Persiapan ini dibutuhkan, sehingga wanita tidak perlu kesulitan mencarinya di sana.

Selain bersiap secara rohani maupun jasmani, wanita muslim dapat melengkapi ibadah dengan melakukan haji kecil yang disebut umroh. Berbeda dengan haji, umroh dapat dilakukan kapan saja selama umat mampu dan siap. Adapun perlengkapan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

 

1. Pakaian Ihram

Sebagai pakaian yang mutlak dikenakan saat melakukan ihram, pakaian syar’i tersebut merupakan perlengkapan umroh wanita 12 hari yang paling penting. Meski sampai saat ini belum adanya hukum mengenai pakaian ihram, namun sebaiknya putih adalah warna yang lebih dianjurkan.

Mengingat aktivitas ihram akan dilakukan beberapa kali, sebaiknya wanita dapat membawa satu set pakaian tersebut dalam koper. Hal tersebut dikarenakan pakaian ihram harus selalu dalam keadaan bersih. Selain itu, pakaian juga harus dapat menutupi aurat, serta diusahakan agar tidak tampak menyesak.

 

2. Pakaian Non-Ihram

Untuk aktivitas selain ibadah di tanah suci, umumnya umat diperbolehkan untuk mengenakan pakaian sehari-hari. Meski demikian, ada baiknya busana terlihat lebih sopan. Ini akan menjadi nilai dari ibadah yang selama ini dijalankan sebagai umat muslim.

Bila diinginkan, pakaian seperti mukena atau baju gamis juga lebih baik saat melakukan ibadah. Meski belum ada aturan mengenai busana non-ihram, kesucian harus diutamakan. Adapun kuantitas busana yang dibawa, tergantung dari keinginan dan ukuran koper yang dimiliki.

 

3. Perlengkapan Penting Wanita

Sebagai seorang wanita, keperluan kewanitaan sudah menjadi bagian terpenting dalam membersihkan diri. Anggap saja untuk berjaga-jaga akan apa yang terjadi di saat menjalani umroh. Karena demikian, perlengkapan umroh wanita 12 hari seperti pembalut akan sangat diutamakan.

Selain itu, untuk wanita dalam masa haid sebaiknya juga membawa pantyliner. Kain dengan tingkat serap yang tinggi, dapat membantu wanita muslim saat beraktivitas dalam kunjungan. Pastikan persediaan tersebut sudah dipersiapkan sebelum keberangkatan ke tanah suci.

 

4. Perlengkapan Agamis

Sebenarnya, Al-Qur’an dan sajadah bisa saja diberikan dari agen travel, atau sudah disediakan di Mekkah. Namun, di saat pasca pandemi yang masih terngiang-ngiang di dunia, sebagian umat lebih memilih untuk beribadah pribadi. Selain lebih tenang, beribadah dapat dilakukan secara khusyuk.

Untuk membawa perlengkapan agamis, ada baiknya wanita muslim perlu mempertimbangkan ukuran koper yang dibawa. Khususnya sajadah yang cukup besar, maka sebaiknya gunakan tas khusus untuk menyimpan sajadah.

 

5. Keperluan Mandi dan Obat

Perlengkapan umroh wanita 12 hari lainnya adalah alat mandi dan obat P3K. Sebagai jaga-jaga, keperluan untuk mandi seperti sabun, sampo, serta lain-lainnya perlu dibawa. Tidak hanya saat umroh, perjalanan jenis apapun biasanya akan membawa keperluan-keperluan ini.

Obat-obatan yang umumnya dibeli di warung sebaiknya perlu dipersiapkan. Khususnya saat melakukan travelling, terkadang ada sebagian wanita yang merasa mual atau mabuk perjalanan. Kehadiran obat serta suplemen, tentunya sangat membantu ketika sedang bepergian atau beraktivitas.

 

6. Pakaian dalam dan Lainnya

Selama menjalani ibadah, jemaah akan menginap, berkeliling, hingga aktivitas tambahan lainnya. Untuk aktivitas-aktivitas tersebut, ada baiknya pakaian tidur dan pakaian dalam dipersiapkan dari rumah. Setiap wanita dipersilahkan membawa beberapa pakaian ganti seperlunya.

Perlengkapan lainnya yang juga diperlukan adalah sunglasses dan masker. Wanita dapat menggunakan masker untuk menghindari masuknya partikel debu, dan sunglasses saat terik matahari yang menyilaukan mata. Bila diperlukan, gunakan kaos kaki juga untuk menutup bagian kaki yang nampak.

Sekian berbagai perlengkapan umroh wanita 12 hari yang perlu dibawa saat mengunjungi Mekkah. Persiapan adalah hal yang wajib, serta dilakukan agar ujung-ujungnya tidak kelabakan. Segera persiapkan diri untuk melakukan ibadah umroh, untuk melengkapi ibadah agama Islam.

Baca juga : 5 Keutamaan Sholat Tahajud untuk Wanita Muslim