4 Penyebab Kedutan Mata beserta Artinya Menurut Ilmu Medis!

4 Penyebab Kedutan Mata beserta Artinya Menurut Ilmu Medis

Pada dasarnya, penyebab kedutan mata itu terjadi karena banyak faktor. Mulai dari kelelahan, stres berat, hingga gangguan penyakit tertentu yang dapat terindikasi lewat gejala mata. Bahkan, arti mata kedutan sebelah kiri dan kanan memiliki makna yang berbeda. Agar lebih jelas mengenai gejala mata berkedut, yuk simak artikel ini!

 

4 Penyebab Kedutan Mata

Mulai dari gejala penyakit ringan hingga berat, ini dia arti kedutan pada mata menurut ilmu medis dengan perspektif yang luas:

 

1. Orbikularis Miokimia

Orbikularis miokimia merupakan sebuah kondisi ketika kamu merasakan kedutan pada mata yang berlangsung secara terus-menerus. Biasanya, gejala ini hanya terjadi pada mata bagian sebelah kanan saja.

Kemudian, walaupun gejala ini sangat terasa, akan tetapi orang lain tidak dapat melihat kondisi tersebut secara fisik. Faktor utama penyebab kedutan mata sebelah kanan ini biasanya terjadi karena stres, kelelahan mata, kafein, rokok, atau penggunaan obat-obatan tertentu.

Lalu, untuk cara menyembuhkan kedutan di mata sebelah kanan ini, umumnya adalah dengan beristirahat yang cukup, terutama memperbaiki pola hidup serta makan yang teratur.

 

2. Sindrom Tourette

Penyebab kedutan mata selanjutnya adalah gejala sindrom tourette. Sindrom tourette merupakan gejala kedutan mata sebelah kiri yang terjadi akibat gejala penyakit lain.

Biasanya, gejala sindrom tourette ini dirasakan oleh mereka yang mempunyai riwayat penyakit gangguan saraf dan mental. Faktor utamanya adalah stres, panik yang berlebihan, kecemasan mendadak, dan lain sebagainya.

Selain itu, arti kedutan mata sebelah kiri ini bisa juga terjadi akibat kelelahan mata yang berkepanjangan. Faktor seperti terlalu lama menatap layar komputer atau jam tidur yang kurang berkualitas bisa memengaruhi gejala kedut mata kiri ini.

 

3. Blefarospasme

Blefarospasme merupakan penyebab kedutan mata yang disebabkan karena sakit mata atau gangguan mata lainnya. Biasanya, kedutan ini terjadi pada kedua bagian mata dan berlangsung sekitar 2 sampai 3 detik saja.

Namun, jika kedutan berlangsung lebih lama, bahkan berjam-jam, kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter. Bahkan, pada beberapa kasus blefarospasme, pengidapnya mengalami kedutan hingga mata terpejam seperti sedang tidur.

Selain itu, blefarospasme memiliki arti kedutan mata menurut jam tertentu, lho. Bila terjadi siang hari, maka mata kamu sedang iritasi karena debu dan paparan matahari. Sedangkan, bila terjadi pada malam hari, blefarospasme terjadi karena kelelahan mata berat akibat aktivitas dengan intensitas tinggi pada mata.

 

4. Mata Kering

Penyebab kedutan mata sebelah kanan ini, biasanya terjadi pada pekerja kantoran yang melakukan aktivitas di depan komputer dalam ruangan ber-AC. Umumnya, kedutannya terjadi pada mata bagian kanan atau kiri dan berlangsung selama kurang lebih 8 sampai 10 detik.

Meskipun tergolong biasa saja, kedutan ini adalah sebuah indikasi bahwa mata kamu sedang sangat lelah dan butuh penyegaran. Solusinya, kamu bisa meneteskan cairan obat mata, mencuci muka, atau melihat pemandangan hijau di sekitar lokasi kantor.

Bahkan, gejala ini juga bisa mempunyai arti kedutan mata kanan atas pada wanita menurut islam. Artinya, gejala ini bisa saja terjadi sebagai isyarat bahwa kamu akan mengalami suatu hal baik. Wallahu a’lam bish-shawab.

 

Sudah Tahu Macam-Macam Sebab Kedut Mata?

Sekian pembahasan tentang penyebab kedutan mata menurut perspektif ilmu medis. Pada intinya, kedutan pada mata terjadi karena kondisi lelah atau indikasi penyakit tertentu dalam tubuh. Jadi, ada baiknya kamu selalu jaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat dan selalu takwa pada Tuhan.