Penyebab Istihadhah yang Wajib Diketahui Perempuan

Penyebab Istihadhah yang Wajib Diketahui Perempuan

Apa itu istihadhah? Pertanyaan itu mungkin pernah muncul dalam benakmu. Pasalnya, istilah ini berkaitan erat dengan perempuan. Jadi, istihadhah merupakan darah yang keluar dari organ intim wanita di luar siklus menstruasi. Penyebab istihadhah ini bisa bermacam-macam tergantung kondisi masing-masing.

4 Penyebab Istihadhah yang Sering Perempuan Alami

Dalam istilah medis, kondisi ini disebut sebagai menorrhagia atau menstruasi berkepanjangan. Mungkinkah itu berbahaya? Tidak jika terjadi hanya sesekali. Namun apabila terjadi berkali-kali, kamu wajib untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Adapun berikut ini adalah penyebab keluarnya menorrhagia.

1. Terjadi Gangguan pada Fungsi Indung Telur

Setiap wanita mempunyai indung telur. Oleh karena itulah muncul siklus menstruasi atau haid di setiap bulannya. Penyebab istihadhah menurut medis yang pertama bisa jadi karena ada gangguan atau masalah pada fungsi indung telur.

Hal ini disebabkan adanya produksi antara hormon progesteron dan estrogen yang tidak stabil. Alhasil, siklus menstruasi yang kamu alami tidak teratur.

Ada dua pilihan ketika masalah ini terjadi. Siklus haid kamu menjadi telat atau menstruasi terjadi lebih lama. Meski masih mengeluarkan darah, namun ada larangan bagi wanita istihadhah yakni tidak boleh meninggalkan kewajiban sholat, puasa, mengaji, dan lain-lain.

2. Endometriosis

Endometriosis merupakan masalah yang terjadi karena jaringan endometrium rahim tumbuh di luar rahim. Kejadian ini cukup langka karena bisa dikategorikan sebagai penyakit. Akibatnya, penderita akan merasakan kram dan nyeri hebat ketika siklus menstruasinya datang.

Cara menyembuhkan darah istihadhah karena endometriosis bisa kamu lakukan dengan beberapa pilihan. Misalnya saja seperti terapi hormonal, mengonsumsi obat-obatan khusus, dan operasi. Jika mengalami hal seperti ini, konsultasikan masalah ini dengan dokter spesialisnya langsung untuk mendapatkan solusi terbaik.

3. Polip

Penyebab istihadhah menurut medis yang ketiga adalah polip. Penyakit ini sangat umum terjadi pada hampir semua orang karena termasuk masalah ringan.

Polip sendiri merupakan jaringan abnormal yang bisa tumbuh pada bagian tubuh manapun termasuk rahim. Nama lainnya adalah tumor jinak dan bukan termasuk jenis kanker.

Meski bisa penderita upayakan penyembuhannya, namun tidak menutup kemungkinan jika keberadaannya bisa berkembang pesat dan menjadi ganas. Adanya polip di dalam rahim dapat memberikan efek bagi perempuan, yakni muncul siklus menstruasi yang tidak beraturan bahkan pendarahan berkepanjangan.

Apabila masalah ini kamu alami, maka segeralah periksakan diri untuk mengetahui langkah penyembuhan yang tepat. Lebih baik segera mengetahui diagnosanya daripada harus menaggung beratnya penyakit yang berbahaya.

4. Hormon Tidak Seimbang

Perempuan mempunyai hormon yang dapat memengaruhi siklus menstruasinya. Apabila terjadi ketidakseimbangan antara hormon tersebut, maka haid yang kamu alami juga akan bermasalah.

Kamu bisa telat beberapa hari, minggu, bahkan bulan karena masalah ini.  Penyebab istihadhah menurut medis ini terbilang lumrah perempuan alami. Jadi kamu tidak perlu takut secara berlebihan.

Tidak hanya itu, menstruasi yang keluar juga bisa melebihi batas waktu normalnya. Darah inilah yang disebut sebagai istihadhah. Apabila jumlah hormon ini tidak seimbang, maka jaringan endometrium atau dinding rahim akan mengalami peluruhan secara berlebihan.

Kendati kamu masih mengeluarkan darah, namun tidak boleh meninggalkan sholat. Ada tata cara sholat istihadhah yang harus kamu lakukan. Kamu wajib membasuh atau membersihkan area intim dan membalutnya. Kemudian tetap berwudhu dan melakukan sholat seperti biasanya.

Sudahkah Memahami Penyebab Istihadhah?

Demikianlah penjelasan tentang penyebab istihadhah yang wajib kamu pahami. Meskipun darah yang keluar masih cukup banyak, namun apabila sudah melebihi batas menstruasi, maka kamu tetap wajib melakukan ibadah sesuai ajaran Islam.