5 Keutamaan Sholat Tahajud untuk Wanita Muslim

 

Keutamaan Sholat Tahajud untuk Wanita Muslim

Keutamaan sholat tahajud untuk wanita ternyata ada banyak. Jadi, tidak heran jika ibadah sunnah ini termasuk paling istimewa dan bahkan paling utama yang tidak boleh kamu lewatkan sebagai wanita muslim. Penasaran apa saja keutamaan dari ibadah di sepertiga malam ini? Simak jawabannya lewat artikel ini!

 

5 Keutamaan Sholat Tahajud untuk Wanita

Melaksanakan ibadah sunnah di sepertiga malam memiliki banyak keutamaannya. Namun, untuk para wanita terdapat 5 keutamaan yang paling dahsyat terhadap kehidupan perempuan nantinya. Kelima keutamaan tersebut antara lain:

 

1. Doanya Terkabul

Setiap manusia pasti memiliki harapan dan keinginan yang selalu terucap ketika berdoa. Maka setiap selesai melaksanakan ibadah sholat, semua umat muslim akan memanjatkan doa supaya dikabulkan oleh Allah Ta’ala.

Salah satu cara agar doa terkabul adalah melaksanakan ibadah sunnah seperti sholat di sepertiga malam secara rutin. Doa yang kamu panjatkan setelah melaksanakan sholat tahajud ini akan diamini oleh para malaikat dan Allah Ta’ala akan mengabulkan doa-doa kamu.

Keutamaan shalat tahajud untuk wanita satu ini sudah sesuai dengan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang berbunyi:

Sesungguhnya pada malam hari terdapat waktu. Tidaklah seorang muslim memohon kepada Allah atas kebaikan dari urusan dunia dan akhirat pada setiap malam.” (Hadits Riwayat Bukhari & Muslim).

 

2. Mendapat Kemuliaan

Manfaat sholat tahajud bagi wanita yang kedua adalah mendapat kemuliaan dari Allah Ta’ala. Semua umat muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan kemuliaan dari Allah Ta’ala dengan cara beribadah, salah satunya rutin melaksanakan sholat sunnah tahajud.

Jika kamu rutin melaksanakan sholat di penghujung malam, maka kamu akan dengan mudah mendapatkan kemuliaan dari Allah Ta’ala. Tentu saja ini akan berdampak baik untuk kehidupan kamu, salah satunya membuat kamu menjadi umat yang senantiasa bersyukur.

Salah satu keutamaan dan keajaiban sholat tahajud untuk wanita dan umat muslim pada umumnya ini juga sudah sesuai dengan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang berbunyi:

Orang yang paling mulia dari umatku adalah mereka pembawa Al-Qur’an dan mereka yang melaksanakan sholat di malam hari.

Jadi, selain orang-orang penghafal Al-Qur’an, umat muslim yang ingat dan rutin melaksanakan ibadah di penghujung malam ketika orang lain sedang terlelap merupakan orang-orang yang paling mulia.

 

3. Mendapatkan Rahmat Allah Ta’ala

Keutamaan shalat tahajud untuk wanita yang berikutnya adalah mendapatkan rahmat Allah.

Kehidupan yang penuh rahmat dari Allah Ta’ala akan membuat kamu lebih bijak dan taat kepada-Nya. Segala ketakutan dan kegelisahan terhadap hiruk-pikuk dunia perlahan-lahan akan menghilang tergantikan oleh perasaan tenang dan selalu bersyukur.

Mendapatkan rahmat Allah Ta’ala tidak mudah. Kamu harus taat kepada-Nya, mengikuti perintah-Nya sesuai dengan yang tertulis di dalam Al-Qur’an, dan mengamalkan ajaran-ajaran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam seperti salah satu cerita Rasul yang terdapat dalam hadits riwayat Abu Daud yang berbunyi:

Allah akan merahmati seorang suami yang bangun di malam hari, kemudian ia sholat dan membangunkan istrinya. Jika istrinya enggan melaksanakan sholat, ia akan memercikkan air ke wajah istrinya. Allah akan merahmati seorang istri yang terbangun di malam hari, kemudian melaksanakan sholat dan membangunkan suaminya. Jika suaminya enggan bangun dan melaksanakan sholat, ia percikan air ke wajah suaminya.

Selain cerita Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di atas, Allah Ta’ala juga berfirman di dalam surat Az-Zumar ayat 9 yang berbunyi:

Apakah kamu hai orang musyrik yang jauh lebih beruntung? Atau orang yang beribadah di waktu malam hari dengan sujud dan berdiri, ia takut kepada azab akhirat dan mengharapkan rahmat Rabb-Nya?”

Tidak hanya masalah duniawi, dengan mengharapkan rahmat dari Allah, kamu juga akan terhindar dari azab di akhirat kelak.

 

4. Mendapat Ampunan dari Allah Ta’ala

Keutamaan sholat tahajud untuk wanita selanjutnya adalah mendapat ampunan dari-Nya. Pada dasarnya, manusia tidak luput dari kesalahan, baik yang sengaja maupun yang tidak. Besar atau kecilnya dosa, tetap saja bisa memengaruhi perhitungan amal baik dan amal buruk di akhirat kelak.

Jadi, tidak heran jika meminta ampunan sudah menjadi salah satu doa yang sering dipanjatkan setelah selesai melaksanakan sholat.

Untuk mendapatkan ampunan dari Allah Ta’ala bisa dengan cara rutin melaksanakan sholat tahajud di malam hari. Seperti sabda Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam yang berbunyi:

Dirikanlah qiyamul lail. Sebab itu merupakan kebiasaan dari orang-orang shaleh. Dan itu merupakan bentuk dari taqarrub yaitu penghapus dosa dan penghalang dalam berbuat kekhilafan.” (Hadits Riwayat Tirmidzi).

 

5. Dicintai Allah dan Seluruh Makhluk-Nya

Terakhir adalah kamu akan dicintai oleh Allah beserta seluruh makhluk ciptaan-Nya, baik di darat maupun di langit. Kamu akan mendapatkan manfaat satu ini jika kamu memenuhi syarat sholat tahajud yang benar.

Ketika Allah Ta’ala mencintai kamu, maka Ia akan memberitahu Malaikat Jibril. Kemudian Jibril akan memberitahu seluruh makhluk supaya turut mencintai kamu. Di dalam hadits riwayat HR. Bukhari, Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Sesungguhnya jika Allah mencintai seorang hamba, Ia akan memanggil Malaikat Jibril dan kemudian berkata: “Wahai Jibril, aku mencintai orang ini, maka cintailah dia juga!”

Kemudian malaikat Jibril mencintai hamba tersebut dan mengumumkannya kepada seluruh makhluk dengan berkata: “Wahai penduduk langit, sesungguhnya Allah mencintai orang ini, maka cintailah dia oleh kalian semua.” Dan seluruh makhluk Allah mencintainya.

Kelima keutamaan sholat tahajud untuk wanita di atas bisa kamu dapatkan jika kamu rutin melaksanakan ibadah sholat di penghujung malam. Salah satu cara agar terbiasa sholat tahajud adalah berniat dan tidur lebih cepat.

 

Pengganti Shalat Tahajud bagi Wanita Haid

Wanita adalah makhluk Allah yang paling istimewa. Ada momen-momen tertentu di mana wanita tidak boleh untuk tidak melaksanakan ibadah seperti sholat dan puasa. Salah satu momen tersebut adalah ketika datang bulan atau haid.

Meski sedang haid, kamu masih bisa beribadah dengan cara lain. Terdapat 4 cara pengganti tahajud bagi wanita haid yang bisa kamu coba terapkan secara langsung, yakni:

 

1. Berdzikir

Kamu bisa mengganti sholat sunnah tahajud dengan cara berdzikir. Ini merupakan salah satu jenis ibadah yang paling mudah dan boleh kamu lakukan meski sedang menstruasi atau haid.

Meski sederhana, dzikir memiliki keutamaan luar biasa yang akan kamu rasakan, seperti hati lebih tenang dan pikiran lebih damai. Selain itu, segala bentuk hiruk-pikuk dunia yang membuat kamu merasa kewalahan, ketakutan, dan cemas akan menghilang secara perlahan berkat dzikir.

 

2. Bersedekah

Pernahkah kamu mendengar sedekah subuh? Nah, cara ini juga bisa kamu lakukan sebagai pengganti shalat tahajud bagi wanita ketika sedang haid untuk mendapat keutamaan sholat tahajud.

Seperti berdzikir, sedekah juga termasuk ibadah yang paling ringan dan mudah tapi sangat mulia di mata Allah Ta’ala karena kamu sudah peduli terhadap sesama.

Kamu bisa bersedekah sebelum memasuki adzan subuh atau masih memasuki waktu sunnah untuk tahajud. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke masjid, kamu bisa melakukan sedekah melalui internet. Saat ini, sudah banyak website yang membuka donasi atau sedekah untuk anak yatim-piatu, kaum duafa, dan lainnya.

Tidak ada ketentuan nominal untuk melakukan sedekah. Berapapun uang yang kamu sedekahkan kepada orang yang membutuhkan, Allah akan memberikan kemuliaan kepada kamu asalkan ada niat dan keikhlasan.

 

3. Berdoa

Ketiga adalah dengan cara berdoa. Keutamaan shalat tahajud untuk wanita bisa kamu peroleh meski sedang haid dengan cara berdoa di penghujung malam. Panjatkanlah doa-doa baik dan meminta perlindungan dari Allah Ta’ala.

Dengan berdoa juga menandakan bahwa kamu senantiasa ingat dan membutuhkan pertolongan dari Allah. Jadi, meski sedang haid, kamu bisa melakukan ibadah sederhana ini untuk mendapatkan kemuliaan dan rahmat-Nya.

 

4. Mendengar Tausiyah

Cara lain dan juga sangat bermanfaat bahkan menambah pengetahuan kamu terhadap agama Islam adalah mendengar tausiyah. Kemunculan media sosial saat ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari tausiyah atau kajian-kajian tentang agama Islam agar pengetahuanmu bertambah.

 

Sudah Tahu Keutamaan Sholat Tahajud untuk Wanita?

Itulah informasi seputar 5 keutamaan shalat tahajud untuk wanita beserta kegiatan pengganti lainnya jika sedang mengalami haid. Manfaat dari sholat di sepertiga malam bagi wanita bisa kamu rasakan jika melakukannya dengan rutin dan sesuai dengan tata cara sholat tahajud perempuan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.