Ini Perkiraan Harga Sewa Baju Pengantin dan Make Up, Calon Pengantin Merapat!

harga sewa baju pengantin dan make up

Setiap calon pengantin tentu ingin tampil cantik dan istimewa di hari pernikahannya. Supaya bisa mendapatkan hal tersebut, maka dibutuhkan baju pengantin dan make up yang tepat. Perhitungan harga sewa baju pengantin dan make up juga perlu dilakukan sebelum hari H.

Biaya menggelar acara pernikahan, memang tidak bisa dibilang murah. Apalagi jika pengantin ingin semua aspek pernikahannya berkualitas terbaik. Lalu, berapa ya kira-kira biaya yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan sewa baju pengantin dan make up?

Perhitungan Biaya Baju dan Make Up

Sebenarnya setiap biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan menikah itu sangat relatif. Bisa saja biayanya besar namun juga bisa kecil, tergantung pada kebutuhan serta keinginan si pengantin. Mari buat perhitungan kasar rata-rata biaya sewa baju pengantin dan make up yang standar.

Sebagai contoh, ambil saja sewa baju pengantin dan make up untuk pernikahan adat Jawa. Berikut ini rincian biayanya:

  • Make up akad nikah tanpa sewa busana mulai dari Rp 6 jutaan per pasang (pengantin pria dan wanita).
  • Rias akad dengan busana untuk 1 orang mulai dari Rp4 jutaan.
  • Rias acara resepsi tanpa busana mulai dari Rp3 jutaan per orang.
  • Paket make up dan sewa busana untuk 1 pasang mulai dari Rp 7 jutaan.

Biasanya tarif make up itu sendiri, memang lebih mahal dibandingkan harga sewa baju pengantin yang akan dipakai. Selain itu, harga ini juga akan dipengaruhi oleh banyak faktor sehingga penting sekali untuk membuat perhitungan secara rinci sesuai kebutuhan.

 

Faktor yang Mempengaruhi Tarif Sewa Baju Pengantin dan Make Up

Calon pengantin wajib tahu bahwa harga sewa baju pengantin dan make up ini sangat bervariasi. Penting sekali untuk melakukan survei terlebih dahulu, agar bisa mendapat tarif yang cocok. Berikut ini beberapa faktor yang akan berpengaruh pada tarif tersebut:

1. Jenis Adat yang Dipakai

Pertama-tama, jenis adat yang akan digunakan oleh pengantin jelas akan berpengaruh pada biaya. Ada banyak sekali pilihan jenis adat yang bisa digunakan dalam acara pernikahan. Mulai dari adat Solo Basahan, Jogja Paes Ageng, modern, muslim modern, dan masih banyak lagi.

Setiap jenis adat memiliki bentuk pakaian yang berbeda dan model make up yang juga tidak sama. Ini akan mempengaruhi tarif yang ditetapkan oleh pihak salon. Jadi pastikan untuk memilih jenis adat yang tepat sesuai ketersediaan bujet.

2. Penawaran dari Salon

Faktor lain yang akan berpengaruh adalah penawaran dari pihak salon. Beda salon maka bisa saja beda penawaran harganya. Itulah mengapa penting untuk melakukan survei dari satu salon ke salon yang lain demi mendapatkan penawaran harga terbaik.

Ingat ya, selain melihat tarifnya pastikan juga untuk membandingkan tarif tersebut dengan kualitas. Ini adalah hari spesial dan diharapkan hanya menjadi momen satu kali sepanjang hidup. Jadi pilihlah salon yang benar-benar berkualitas dengan penawaran harga yang rasional.

3. Paket yang Dipilih

Biasanya setiap salon akan menawarkan beberapa pilihan paket pernikahan. Coba cek dulu baik-baik apa saja penawaran paketnya dan lihat detail rincian harganya. Beda paket rias dan sewa baju biasanya beda juga harga yang ditawarkan jadi harus benar-benar teliti.

Harga sewa baju pengantin dan make up di zaman sekarang ini memang sangat beragam. Calon pengantin wajib mencari tahu dengan teliti supaya bisa mendapatkan penawaran yang masuk ke bujet. Jika perlu lakukan juga negosiasi, supaya bisa mendapat tarif lebih murah.