5 Efek Samping Masker Tepung Beras yang Penting untuk Diketahui

Efek Samping Masker Tepung Beras

Ada beragam jenis bahan yang dipercaya bisa memberi manfaat bagi kulit, seperti tepung beras yang diaplikasikan sebagai masker. Sayangnya belum banyak yang paham efek samping masker tepung beras. Akhirnya, banyak yang masih tenang-tenang saja memakainya.

Memangnya apa saja efek samping dari masker tepung beras? Sebelum rutin menggunakannya, pastikan untuk paham dulu apa saja efek samping yang diberikan. Berikut adalah efek samping masker tepung beras:

1. Menimbulkan Komedo

Efek yang pertama adalah muncul banyak komedo akibat pemakaian tepung beras sebagai masker. Masker dari bahan ini ternyata punya potensi untuk menyumbat pori-pori kulit. Jika pori-pori sudah tersumbat, maka akan lebih mudah bagi komedo untuk muncul.

Sebenarnya tepung beras ini cukup bagus untuk diaplikasikan ke kulit. Masker tepung beras diketahui bisa membantu menghaluskan kulit. Namun pori-pori bisa tersumbat, dan akhirnya muncul komedo.

Jika memang ingin memakai masker tepung beras, pastikan untuk membilasnya sebersih mungkin. Gunakan pembersih wajah dan cuci muka dengan facial wash sampai benar-benar bersih, supaya tidak ada sisa masker yang menyumbat pori-pori.

2. Memicu Munculnya Jerawat

Masalah apa yang muncul setelah komedo? Sudah pasti jerawat! Jika komedo sudah memenuhi area kulit wajah maka selanjutnya akan muncul jerawat yang menjadi salah satu masalah menyebalkan bagi banyak orang.

Jerawat ini bisa berkembang cukup parah, apalagi jika proses pembersihan sisa masker tepung beras tidak optimal. Tidak hanya satu, bisa muncul banyak jerawat yang pasti bikin stres.

3. Kulit Jadi Kusam

Banyak orang memakai masker tepung beras karena percaya bahwa bahan ini bisa membantu mencerahkan warna kulit. Padahal, faktanya masker ini tidak bisa mencerahkan kulit wajah tapi justru membuatnya jadi lebih kusam.

Pemakaian masker tepung beras apalagi jika berlebihan, bisa memicu penumpukan sel-sel kulit mati. Penumpukan ini akan menyebabkan tampilan wajah jadi lebih kusam. Jika sudah terlanjur kusam, solusinya adalah dengan melakukan scrubbing di bagian kulit wajah.

Sebenarnya, pemakaian scrub ini jauh lebih direkomendasikan untuk membuat kulit wajah jadi lebih cerah. Jadi jika memang tujuannya adalah mencerahkan, jangan memakai masker tepung beras tapi pakailah scrub yang lebih aman dan efektif.

4. Meningkatkan Sensitivitas

Salah satu efek samping masker tepung beras adalah bisa meningkatkan sensitivitas kulit. Masker ini bisa membuat kulit jadi lebih sensitif dan malah rentan iritasi. Apalagi jika masker tepung beras terlalu sering diaplikasikan ke kulit.

Bagi pemilik kulit sensitif, tentu saja pemakaian masker tepung beras ini sangat tidak direkomendasikan. Lebih baik gunakan jenis masker lain yang memang cocok untuk tipe kulit sensitif. Jangan sampai muncul masalah iritasi yang akan lebih sulit untuk diatasi.

5. Memicu Munculnya Minyak

Pemakaian masker tepung beras di wajah, ternyata juga bisa meningkatkan produksi minyak. Banyak orang salah menyangka bahwa tepung beras ini bisa membantu mengurangi minyak padahal sebaliknya.

Pemilik kulit berminyak sebaiknya memakai produk lain yang jauh lebih efektif untuk mengikat minyak dibanding tepung beras. Masker himalaya bisa jadi pilihan, karena jauh lebih efektif mengurangi produksi minyak di kulit wajah.

Setelah mengenali efek samping masker tepung beras, maka berhati-hatilah. Lebih baik pakai produk atau bahan yang efektivitasnya lebih bagus dan aman dipakai. Jauh lebih bagus lagi jika bisa berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mengecek kondisi kulit sebelum pemakaian produk tertentu.

Efek Samping Masker Tepung Beras