Cara Menyembuhkan Kedutan di Mata, Penyebab, dan Artinya

Cara Menyembuhkan Kedutan di Mata, Penyebab, dan Artinya

Kamu pasti pernah mengalami mata kedutan. Walaupun terdengar sepele, faktanya mata kedutan bisa mengganggu konsentrasi dalam beraktivitas. Apalagi jika keseharian kamu berkutat dengan buku dan komputer. Sehingga, kamu perlu tahu cara menyembuhkan kedutan di mata demi melancarkan aktivitas harian.

 

8 Cara Menyembuhkan Kedutan di Mata

Ada banyak cara menyembuhkan mata kedutan. Yang pertama kali harus kamu lakukan adalah mengenali penyebab kedutan yang kamu alami. Kemudian, melakukan tindakan yang relevan, agar kedutan kamu segera terobati. Beberapa cara menyembuhkan kedutan di mata yang paling ampuh ialah:

 

1. Istirahat yang Cukup

Salah satu penyebab mata kedutan adalah kelelahan fisik. Jika kamu merasa kurang istirahat selama beberapa hari, cobalah untuk mengambil waktu tidur lebih awal. Beristirahat cukup adalah cara menyembuhkan kedutan di mata yang paling sederhana, namun efektif.

 

2. Mengelola Stres

Terlalu banyak pikiran juga bisa mengakibatkan kedutan tanpa henti. Salah satu alasannya mungkin akibat mitos yang menyebutkan bahwa arti mata kedutan sebelah kiri ialah pertanda buruk, yakni kamu akan mengalami hal yang menyakitkan. Sehingga, membuat kamu kepikiran dan overthinking.

Jika kamu mengalami hal ini, maka cobalah melakukan aktivitas yang dapat mengurangi stres, seperti yoga, latihan pernapasan, atau melakukan hobi.

 

3. Kurangi Konsumsi Kafein dan Alkohol

Meskipun arti kedutan mata kanan atas pada wanita menurut islam ialah pertanda akan datangnya rezeki, tamu tak terduga, dan kenaikan karir. Namun, mata kedutan juga bisa terjadi akibat kamu terlalu sering mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol.

Untuk mengatasinya, cobalah minum lebih banyak air putih atau air kelapa. Kandungan quinine dalam air kelapa bisa membantu melemaskan otot-otot yang tegang.

 

4. Kompres Kelopak Mata dengan Air Hangat

Cara menyembuhkan kedutan di mata akibat kelelahan juga bisa dengan kompres air hangat. Sebelum tidur, kompres mata kamu agar lebih rileks. Lakukan setiap malam untuk mengurangi lelah mata setelah beraktivitas!

 

5. Suntik Botoks

Bila kedutan kamu masih belum juga reda, kamu bisa mencoba cara menyembuhkan kedutan di mata dengan suntik botoks. Dokter akan menyuntikkan botulinum (botox) dalam jumlah kecil ke area sekitar mata.

Suntikan ini akan melemahkan otot mata dan meringankan kejang yang bertahan selama 3 hingga 6 bulan.

 

6. Obat Tetes Mata

Produk air mata buatan alias tetes mata juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi kedutan. Terutama untuk masalah kedutan akibat mata kering. Produk ini bisa kamu dapatkan di apotek dan toko obat tanpa memerlukan resep dokter.

 

7. Konsumsi Obat-obatan

Jika obat tetes mata tidak juga mampu mengatasi kedutan, maka kamu bisa segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Obat-obatan khusus mungkin harus kamu konsumsi berdasarkan hasil analisis, misalnya antikolinergik untuk mencegah gerakan otot tak sadar.

 

8. Operasi

Walaupun mitos yang menyebutkan arti kedutan mata menurut jam cenderung ke arah positif. Namun, bila mata kedutan tak kunjung berhenti, bahkan jika obat-obatan pun tidak juga berhasil mengatasi kedutan yang kamu alami, maka kamu bisa melanjutkan dengan tindakan operasi.

Jenis operasi ini bernama miektomi, yaitu operasi pengangkatan otot kelopak mata yang menjadi penyebab kedutan.

 

Cara Menyembuhkan Kedutan di Mata Tidak Sulit, Bukan?

Sekarang kamu sudah memahami apa yang sebenarnya terjadi pada mata kamu saat kedutan. Sehingga, kamu bisa melakukan cara menyembuhkan kedutan di mata, seperti istirahat yang cukup, mengelola stres, mengurangi konsumsi kafein dan alkohol, mengompres kelopak mata, hingga melakukan operasi.