5 Cara Menyembuhkan Darah Istihadhah secara Medis

5 Cara Menyembuhkan Darah Istihadhah secara Medis

Darah istihadhah dalam Islam dikenal sebagai darah yang keluar setelah masa haid dan bukan karena melahirkan. Darah ini biasanya disebut dengan darah penyakit yang terjadi karena beberapa penyebab istihadhah dan kondisi tubuh perempuan. Bagaimana cara menyembuhkan darah istihadhah ini? Simak di artikel berikut ini!

 

5 Cara Menyembuhkan Darah Istihadhah secara Medis

Mengalami pendarahan berkepanjangan setelah masa haid memang membuat perempuan merasa khawatir dengan kondisi kesehatannya dan tentunya merasa terganggu.

Meski begitu, wanita muslim yang mengalami peristiwa istihadhah ini juga perlu tetap mendirikan kewajibannya seperti sholat. Namun, tata cara sholatnya memang tak sepenuhnya sama dengan wanita muslim yang tidak mengalami kondisi istihadhah.

Tidak hanya mempunyai tata cara sholat istihadhah yang berbeda, orang yang mengalami istihadhah juga punya beberapa larangan bagi wanita istihadhah. Oleh karena itu, penting kamu tahu bagaimana cara menyembuhkan istihadhah sebagaimana penjelasan di bawah ini:

 

1.  Minum Suplemen Zat Besi

Jika kamu mengalami istihadhah berkepanjang kemudian pergi periksa ke dokter, biasanya dokter akan meresepkan suplemen zat besi untuk mengendalikan jumlah darah dalam tubuh.

Menurut studi, orang yang kekurangan zat besi sangat rentan mengalami haid berlebihan. Maka dari itu, suplemen yang kaya akan mineral seperti zat besi ini akan membantu mengurangi darah yang keluar serta membantumu mencegah anemia akibat keluar darah berlebihan.

 

2. Mengomsumsi Obat Pereda Nyeri NSAID

Obat pereda nyeri NSAID seperti ibuprofen (motrin, advil, IB serta obat lainnya) menjadi salah satu solusi atau cara menyembuhkan darah istihadhah. Tidak hanya mengatasi masalah tersebut, obat ini juga bisa membantumu mengurangi rasa sakit atau nyeri haid saat awal datang bulan.

Kamu bisa mendapatkan obat ini menggunakan resep dokter atau tanpa resep dokter dengan membeli sendiri ke apotek terdekat.

 

3. Minum Obat Progestin

Selain suplemen zat besi dan obat NSAID, kamu juga bisa mengonsumsi obat progestin dari dokter untuk menyembuhkan darah istihadhah.

Cara kerja obat ini adalah memperlambat efek hormon estrogen yang ada dalam tubuhmu. Hormon estrogen biasanya bertugas untuk memicu pertumbuhan lapisan rahim yang nanti diluruhkan saat masa haid. Obat ini tugasnya membuat lapisan rahim menipis sehingga bisa mengurangi darah dan kram saat menstruasi.

Obat ini memang sebagai salah satu cara menyembuhkan darah istihadhah. Namun obat ini juga mengandung efek samping yang harus kamu tahu, yakni sakit kepala dan berat badan bertambah.

 

4. Minum Teh Kayu Manis

Ramuan rempah juga berkhasiat untuk menyembuhkan darah istihadhah.  Contoh penggunaan ramuan rempah tersebut salah satunya adalah dengan membuat teh kayu manis. Khasiat teh kayu manis untuk perempuan yakni bisa mengatasi nyeri haid dan mengurangi pendarahan berlebihan saat menstruasi.

Kamu bisa membuatnya sendiri dengan menyiapkan kayu manis serta air hangat. Masukkan kayu manis dalam gelas, lalu tuang air hangat. Tunggu hingga 15 menit lalu teh bisa kamu minum.

 

5. Minum Ramuan Teh Jahe

Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang sudah lama terkenal memiliki berbagai macam khasiat, salah satunya menghentikan darah haid berkepanjangan. Selain bisa menghentikan darah berlebihan, nyatanya jahe juga bisa membantu meredakan nyeri haid kamu.

Manfaat ini bisa kamu dapatkan karena zat yang ada dalam jahe bisa menghambat prostaglandin, zat yang berperan penting untuk sistem reproduksi perempuan. Kamu bisa membuat ramuan teh jahe ini dengan menyiapkan bahan jahe, air panas, lemon, dan madu.

 

Itulah 5 Cara Penting Menyembuhkan Darah Istihadhah

Kamu bisa menggunakan salah satu cara dari kelima cara tersebut. Jika darah masih keluar banyak atau kamu ingin mengonsumsi obat, ada baiknya konsultasilah kepada tenaga kesehatan agar mendapat penanganan yang tepat. Selain itu, kenali juga apa itu istihadhah selengkapnya agar bisa ambil tindakan yang tepat.