6 Buah Buahan Yang Baik Untuk Ibu Hamil, Kaya Vitamin dan Serat

Buah Buahan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Memang sepantasnya buah buahan yang baik untuk ibu hamil selayaknya dijadikan pangan di masa mengandung. Mengingat janin membutuhkan asupan nutrisi selama berkembang, sebaiknya buah yang dipilih memiliki vitamin dan fiber. Bayi yang sehat akan lahir dari asupan yang bergizi.

Tetapi, belum tentu semua jenis buah layak sebagai diet ibu hamil dikarenakan zat di dalamnya. Durian misalnya, dikenal akan kadar alkohol yang sebaiknya dihindari saat mengandung. Oleh karena itu, berikut macam-macam buah yang sepatutnya layak dijadikan sumber nutrisi yang menyehatkan:

 

1. Aprikot

Mendapatkan julukan “stone fruit”, aprikot adalah buah yang terdapat biji keras di dalamnya. Aprikot adalah buah buahan yang baik untuk ibu hamil, dikarenakan kandungan di dalamnya. Selain vitamin, ada beta karoten serta potassium yang diperlukan oleh si kecil.

Adapun zat lainnya yang unik dari aprikot adalah fosfor. Mineral ini umumnya ditemukan sudah ada pada manusia, namun bayi akan membutuhkan fosfor tambahan dalam perkembangan tulang dan gigi. Meski dikenal bermanfaat, sebaiknya aprikot dikonsumsi dalam takaran sewajarnya.

 

2. Pisang

Identik sebagai makanan favorit primata, pisang juga dapat dijadikan diet ibu hamil yang bernutrisi. Pisang adalah satu dari sekian buah yang mengandung fiber tertinggi, sehingga berguna sebagai pelancar sistem digestif. Ditambah lagi, pisang juga mudah ditemukan di Indonesia.

Selain kaya fiber, pisang juga dikenal sebagai obat alami anti mual-mual yang dialami saat awal kehamilan. Hal tersebut dikarenakan vitamin B6 yang dapat menurunkan rangsangan muntah dari pencernaan. Dalam mengkonsumsinya, pastikan pisang yang dipilih benar-benar matang serta tidak mentah.

 

3. Jeruk

Salah satu buah terpopuler, jeruk boleh dikonsumsi sebagai buah buahan yang baik untuk ibu hamil. Tidak hanya menyegarkan, jeruk memiliki banyak vitamin C, sehingga akan dibutuhkan ketika masa mengandung. Vitamin C dikenal juga melindungi sel, serta berfungsi sebagai absorpsi senyawa besi.

Info Bermanfaat Lainnya:  6 Pelembab yang Bagus Untuk Kulit Berjerawat, Rekomended

Buah sitrus tersebut juga mengandung folat, untuk dapat menghindari pertumbuhan tulang punggung bayi tak sempurna. Bagi ibu mengandung, ada baiknya untuk mengonsumsi jeruk yang tidak terlalu asam. Perlu hindari juga untuk mengonsumsi kulitnya.

 

4. Beri-Berian

Mungil serta menyehatkan, adalah deskripsi terbaik diperuntukkan bagi buah-buahan ini. Dari stroberi, raspberi, hingga blueberry, semuanya mengandung masing-masing manfaat, sehingga cocok di saat mengandung janin. Dengan kalori yang kecil, beri-berian baik untuk diet tertentu.

Pada stroberi, misalnya, terdapat kandungan antioksidan untuk melindungi bayi sekaligus ibu dari kerusakan sel tubuh. Selain buah merah tersebut, beri-berian juga terdapat kadar air dan fiber yang membuatnya layak dijadikan pilihan bagi yang baru mengandung.

 

5. Alpukat

Tidak dapat dipungkiri jika ibu hamil membutuhkan energi tambahan, khususnya saat membawa bayi yang sudah mulai besar. Untungnya, alpukat dapat memberikan energi dari lemak nabati yang terkandung di dalamnya. Lemak sehat ini diteliti juga dapat menaikkan proses pengembangan otak bayi.

Alpukat dianggap sebagai buah unik, karena kandungan vitamin K di dalamnya. Umumnya, ini berperan membantu pengerasan darah yang keluar dari luka luar. Secara natural, darah yang sudah mengeras akan dihancurkan. Selain itu, vitamin K juga melindungi kesehatan sel darah merah.

 

6. Buah Kering

Berdasarkan berbagai pendapat, buah kering (dried fruit) umumnya lebih sehat dibandingkan buah originalnya. Pernyataan tersebut sebenarnya tidak salah. Ibaratnya, secara kuantitas, komposisi pada secuil dried fruit sama dibandingkan setengah buah biasa.

Jadi apabila calon ibu menginginkan diet yang lebih sedikit tetapi tetap bernutrisi, buah kering dapat menjadi solusinya. Buah kering yang dapat dikonsumsi misalnya aprikot, kismis, prunes, serta produk lainnya.

Info Bermanfaat Lainnya:  Catat, Ini Urutan Pemakaian Make Up yang Benar untuk Sehari-hari

Begitulah macam-macam buah buahan yang baik untuk ibu hamil. Sejatinya, buah-buahan adalah pangan terbaik nan menyehatkan, asalkan dalam keadaan bagus. Maka itu, pastikan buah sudah dicuci sebelum dikonsumsi, serta pilihlah kondisi yang masih bagus dan segar.

Baca Juga : Berapa Berat Rahim Wanita Ketika belum Pernah Hamil ?