Berapa Berat Rahim Wanita Ketika belum Pernah Hamil?

Berapa Berat Rahim Wanita

 

Berapa berat rahim wanita ketika belum pernah mengalami kehamilan? Meskipun terdengar sepele, namun ini adalah informasi yang penting untuk diketahui, terutama bagi kaum hawa. Pasalnya, rahim yang sehat memiliki berat serta ukuran yang normal.

Ketika mengetahui berapa berat serta ukuran normal rahim wanita, maka kondisi kesehatan rahim pun bisa terdeteksi. Apalagi jika sedang ingin program hamil, maka kesehatan uterus pun harus lebih terjaga. Simak informasi seputar berat serta ukuran rahim normal pada wanita, berikut ini:

 

Bentuk serta Anatomi Rahim

Nama term medis dari kandungan yakni rahim atau uterus. Ini adalah organ yang memiliki peran penting dalam perkembangan serta juga fungsi reproduksi seorang wanita. Di dalam abdomen, letak uterus condong cukup rendah.

Kemudian, uterus akan dijaga oleh ligamen, otot-otot, serta jaringan ikat berserat. Oleh serviks, uterus menyambung dengan vagina dan inilah yang dinamakan leher rahim.

Maka, uterus mencakup berbagai otot polos yang kemudian dilapisi kelenjar. Otot polos itulah yang kemudian bertugas saat wanita berkontraksi mau melahirkan, menstruasi,serta juga orgasme.

Itulah mengapa sejumlah orang bertanya berapa berat rahim wanita ketika belum pernah mengalami kehamilan. Pasalnya, beratnya juga akan berubah seiring pertumbuhan wanita tersebut serta juga “tugas” yang pernah diemban uterus.

 

Berat serta Ukuran Rahim Normal Wanita

Pertanyaan mengenai berapa berat rahim wanita ketika belum pernah mengalami kehamilan terus menerus muncul. Pasalnya, kini kebanyakan orang mulai memperhatikan kesehatan uterus, apalagi yang tengah menjalani program hamil. Berat uterus wanita yang belum mengandung tentu saja berbeda dengan yang sudah hamil.

Hal ini karena jika sudah mengandung, maka uterus sudah digunakan untuk menjaga bayi semasa mengandung. Dengan begitu, berat uterus pun akan berbeda dengan uterus yang sama sekali belum pernah mengandung.

Berat serta ukuran uterus tentunya berbeda-beda pada setiap wanita, namun kisarannya tidak terlalu berbeda jauh. Ketika bayi perempuan lahir, ukuran uterusnya akan sangat kecil.

Normalnya ukuran uterus tidak lebih besar daripada ukuran ibu jari orang dewasa. Kemudian, seiring pertumbuhan wanita, maka ukuran uterus pun akan semakin besar. Sampai akhirnya, ukuran serta bentuk rahim akan menyerupai buah pir terbaik pada puncaknya.

Umumnya, wanita yang belum pernah mengandung, ukuran rahimnya akan lebih kecil daripada wanita yang sudah pernah mengandung. Berat normal pada uterus, yakni sekitar 30 hingga 100 gram. Sedangkan ukuran lebarnya sekitar 5cm, panjang 7.5cm, serta dalamnya adalah sekitar 3 cm.

Ciri-Ciri Rahim Sehat dan Subur

Mengetahui berat serta ukuran uterus, juga penting untuk bisa mengetahui apakah uterus yang dimiliki senantiasa sehat atau tidak. Pasalnya, bisa jadi uterus yang memiliki berat lebih dari normal, memiliki kondisi medis tertentu yang harus segera ditangani.

Oleh karena itu, penting bagi wanita juga mengetahui apa saja ciri-ciri uterus sehat dan juga subur. Jika ingin tahu ciri-cirinya, berikut ini adalah ulasannya:

  • Pastikan setiap bulannya menstruasi dengan siklus normal, yakni sekitar 28 hari dengan lancar dan juga konsisten.
  • Menstruasi tidak terlalu sakit.
  • Cairan pada vagina atau keputihan memiliki warna yang normal.
  • Berat dan ukuran uterus normal.
  • Frekuensi buang air kecil normal.
  • Berat badan ideal.
  • Terbiasa menjalani pola hidup sehat.

Dengan demikian, terjawablah sudah pertanyaan berapa berat rahim wanita ketika belum pernah mengalami kehamilan. Hal tersebut sangat wajar ditanyakan karena uterus berperan penting dalam sistem reproduksi wanita, apalagi jika memiliki keinginan untuk segera hamil.

Baca Juga : Bahayakah Buah Naga Untuk Ibu Hamil?