Bahayakah Buah Naga untuk Ibu Hamil? Cari Jawabannya di Sini!

Bahayakah Buah Naga untuk Ibu Hamil

Buah naga banyak digemari dan dikonsumsi oleh berbagai kalangan, termasuk para wanita hamil. Tapi, bahayakah buah naga untuk ibu hamil? Mari lihat seperti apa penjelasannya di sini agar lebih mantap makan buah naga dalam kondisi mengandung.

Penting sekali bagi wanita hamil agar terus mengkonsumsi aneka jenis makanan penuh gizi, salah satunya buah-buahan. Buah naga adalah salah satu bahan makanan yang banyak disarankan untuk ibu hamil. Di dalamnya, ada begitu banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh.

 

Manfaat yang Diberikan Buah Naga untuk Ibu Hamil

Bahayakah buah naga untuk ibu hamil? Jenis buah ini mengandung banyak zat gizi penting yang tentu saja dibutuhkan oleh ibu hamil. Jadi secara logika, memang aman untuk dikonsumsi. Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika ibu hamil rutin mengkonsumsi buah naga:

 

1. Meningkatkan Imunitas dan Memperkuat Tulang

Pertama, buah naga ini akan membantu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Disebutkan tadi bahwa buah naga memiliki vitamin C dengan kadar tinggi. Jenis vitamin ini diperlukan oleh tubuh, agar bisa membentuk sistem imunitas yang kuat.

Buah naga juga diketahui mengandung kalsium yang bisa membantu memperkuat tulang ibu maupun janin dalam kandungan. Saat hamil, kebutuhan kalsium memang meningkat dan harus dipenuhi dengan baik. Salah satunya bisa lewat konsumsi buah naga.

 

2. Melancarkan Pencernaan

Buah naga juga bisa membantu melancarkan kerja organ pencernaan. Masalah pencernaan memang sangat umum dialami ibu hamil, seperti sembelit dan diare. Konsumsi buah naga bisa mencegah gangguan tersebut, karena kandungan seratnya cukup tinggi.

 

3. Mencegah Penyakit Anemia

Konsumsi buah naga juga diketahui bisa mencegah anemia pada ibu hamil. Anemia juga menjadi salah satu kondisi yang sering terjadi di masa kehamilan. Buah naga ini, punya zat besi yang terbilang tinggi dan efektif membantu meningkatkan jumlah sel darah merah.

 

4. Meminimalkan Risiko Bayi Cacat Lahir

Buah naga juga bisa membantu menurunkan risiko cacat lahir pada bayi. Buah ini memiliki asam folat yang berperan penting untuk mendukung pertumbuhan bayi. Meskipun  memang ibu hamil tetap harus mengonsumsi sumber asam folat lainnya di samping buah naga.

 

5. Menangkal Radikal Bebas

Penting sekali untuk menjaga tubuh dari paparan radikal bebas apalagi di masa kehamilan. Salah satu cara, agar radikal bebas bisa dibasmi dari tubuh adalah dengan konsumsi antioksidan. Buah naga adalah jenis buah yang mengandung antioksidan, sehingga bisa menangkal radikal bebas.

Tips Konsumsi Buah Naga

Sudah jelas bahwa ternyata ada begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan ibu hamil jika mengkonsumsi buah naga. Buah yang berwarna merah ini juga memiliki rasa yang segar jadi bisa mengurangi rasa mual pada ibu hamil.

Supaya bisa mendapatkan manfaat yang optimal, coba perhatikan cara konsumsi buah naga yang disarankan. Lebih baik buah naga dikonsumsi langsung dengan dipotong kecil-kecil tanpa tambahan pemanis apapun.

Jika memang ingin mengkonsumsi buah naga dalam bentuk jus, menggunakan campuran bahan lain yang bergizi tinggi. Hindari juga pemakaian pemanis yang berlebihan, karena bisa memicu obesitas pada janin dan menyebabkan diabetes pada ibu hamil.

Pilihlah buah naga yang sudah matang dan berdaging tebal. Selain mengonsumsi buah naga, pastikan untuk mengimbanginya dengan konsumsi makanan sehat yang lain. Hal ini dilakukan agar tubuh ibu dan janin mendapatkan nutrisi yang optimal.

Jadi, bahayakah buah naga untuk ibu hamil? Dari penjelasan tadi bisa diketahui bahwa jawabannya adalah tidak, karena buah naga justru memiliki banyak manfaat di masa kehamilan tersebut. Kini tidak perlu ragu lagi jika ingin mengkonsumsi buah naga saat hamil.

Baca juga : Bahaya berhubungan saat menstruasi