Muslimah Wajib Tahu! Apa Itu Istihadhah dan Penyebabnya?

Muslimah Wajib Tahu Apa Itu Istihadhah dan Penyebabnya

Istihadhah adalah keluarnya darah dari vagina seorang wanita hingga di luar periode haid. Umumnya, masa haid perempuan terjadi selama 6–8 hari dan paling lama 15 hari. Dan bagi muslimah yang mengeluarkan darah jenis darah ini selama lebih dari 15 hari disebut mustahadhah.

Adapun, penyebab istihadhah bisa bermacam-macam dan nanti akan segera kamu ketahui dalam artikel ini. Di akhir artikel, kamu juga akan tahu bagaimana cara untuk menyembuhkannya, jadi simak sampai habis, ya!

 

Apa Itu Darah Istihadhah?

Darah istihadhah adalah darah yang keluar dari rahim wanita secara terus-menerus di luar masa haid dan bukan disebabkan karena melahirkan. Menurut Islam, muslimah yang mengeluarkan darah haid atau nifas tidak boleh melakukan ibadah.

Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi mustahadhah (sebutan bagi wanita yang mengalami istihadhah). Adapun larangan bagi wanita istihadhah adalah meninggalkan ibadah wajib, seperti sholat dan puasa.

Jadi, buat kamu yang mengalami kondisi ini sebaiknya tetap menjalankan ibadah shalat dengan menahan darah yang keluar menggunakan kapas ataupun kain. Tujuannya, supaya darah yang keluar tidak mengotori tempat ibadah. Sebelum melaksanakan sholat, kamu perlu cari tahu juga tata cara sholat istihadhah yang wajib kamu ikuti.

 

Apa Saja Penyebab Istihadhah?

Penyebab istihadhah bisa bermacam-macam, di antaranya:

 

1. Ketidakseimbangan Hormon

Salah satu penyebab menstruasi berkepanjangan adalah adanya ketidakseimbangan hormon alias jumlah hormon dalam tubuh wanita tidak seimbang. Hal ini dapat menyebabkan jaringan dinding rahim (endometrium) meluruh secara berlebihan sehingga menstruasi terjadi secara terus-menerus melebihi periode haid.

 

2. Fungsi Sel Telur (Ovarium) Mengalami Gangguan

Dalam tubuh seorang wanita, terdapat hormon estrogen dan progesteron yang berfungsi mengatur menstruasi. Jika produksi hormon ini tidak seimbang, maka juga dapat menyebabkan gangguan pada sel telur yang membuat gangguan menstruasi jadi tidak teratur, berkepanjangan, atau istihadhah.

 

3. Belum Mencapai Usia Haid

Haid berkepanjangan juga bisa terjadi pada seorang perempuan yang belum mencapai usia haid. Dalam Islam, usia haid seorang perempuan adalah 9 tahun kurang 16 hari. Kenapa kurang dari 16 hari? Sebab, 16 hari ini merupakan batas minimal haid di mana batas maksimal suci (dari haid) adalah 15 hari.

 

4. Endometriosis

Lapisan bagian dalam rahim yang tumbuh di luar rahim disebut dengan endometriosis. Ini merupakan salah satu hal yang menyebabkan seorang wanita mengalami menstruasi yang berkepanjangan. Bahkan tak jarang, wanita tersebut merasakan kram atau rasa nyeri yang tidak normal sebelum maupun selama menstruasi.

 

Apakah Darah Istihadhah Berbahaya?

Selain penyebab di atas, kondisi di mana seorang wanita mengalami menstruasi berkepanjangan bisa terjadi lantaran berbagai kemungkinan. Bisa jadi karena infeksi oleh jamur atau bakteri dan pengaruh kondisi tubuh seperti kelelahan, stres, pola makan tidak sehat, atau kurang tidur.

Selain itu, efek samping kontrasepsi hormonal, hubungan seksual, atau penyakit seperti tumor pada organ kewanitaan juga bisa jadi penyebab darah keluar dari kewanitaan di luar siklus haidnya. Jadi, tergantung dari hasil pemeriksaan, ya. Tidak semua darah istihadhah itu berbahaya.

Apabila hanya pengaruh pola hidup seperti atau efek samping kontrasepsi, harusnya kondisi ini tidak berbahaya dan lebih mudah ditangani dengan menerapkan tips dan cara menyembuhkan darah istihadhah. Jadi, kamu tidak perlu terlalu cemas. Istirahatlah yang cukup, jalani pola hidup yang lebih sehat, dan tetap jalani kewajiban beribadah.

 

Kini, Kamu Sudah Lebih Memahami Apa Itu Darah Istihadhah!

Itulah penjelasan tentang apa itu darah istihadhah beserta penyebabnya yang wajib para muslimah ketahui. Jadi jika mengalami hal demikian, pastikan kamu cek kemungkinan penyebabnya, atau jika perlu hubungi dokter profesional agar lebih tenang.