3 Alasan Wanita Bosan dengan Pacarnya dan Cara Mengatasinya

alasan wanita bosan dengan pacarnya

Alasan wanita bosan dengan pacarnya cukup beragam. Ketika perasaan bosan tersebut muncul, hubungan akan terasa hambar dan akan merenggang. Kira-kira apa alasan wanita bosan dengan pacarnya? Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak artikel ini!

 

Alasan Wanita Bosan dengan Pacarnya

Secara umum, ada 3 alasan kenapa wanita bosan dengan pacarnya. Para laki-laki, khususnya yang merasa dirinya kurang peka terhadap perubahan sikap pasangannya perlu mengetahui apa saja ketiga alasan tersebut. Nah, berikut rangkumannya:

 

1. Jarang Komunikasi

Alasan pertama adalah jarang melakukan komunikasi. Pemicu utamanya bisa karena terlalu sibuk bekerja atau memprioritaskan hobi, seperti bermain game online atau olahraga.

Kurangnya komunikasi dalam berpacaran bisa membuat wanita merasa gusar dan menganggap bahwa pasangannya kurang perhatian. Padahal, komunikasi adalah pondasi paling penting dalam berhubungan.

Banyak hubungan jarak jauh kandas di tengah jalan hanya karena komunikasi tidak berjalan dengan baik. Ini membuktikan bahwa komunikasi memiliki peran penting dalam sebuah hubungan, khususnya para pejuang long distance relationship (LDR).

Jika ingin hubungan tetap awet dan wanita tidak merasa bosan, maka sebagai laki-laki kamu harus lebih peka dan memberikan sedikit perhatian meski tengah sibuk bekerja.

Salah satu tips komunikasi dengan pasangan jika sama-sama sibuk adalah memberikan informasi seputar kegiatan, sehingga pasangan bisa lebih mengerti. Selain itu, berikan perhatian kecil seperti memberikan semangat, mengingatkan untuk makan siang, atau memberi tahu jika sudah selesai bekerja.

Menjaga komunikasi agar tetap berjalan baik juga termasuk cara hubungan LDR bertahan lama. Meski terhalang oleh jarak untuk bertemu, kamu dan pasangan bisa menebus rasa rindu melalui telepon, chat, atau video call.

 

2. Kurang Mendapat Perhatian

Alasan wanita bosan dengan pacarnya yang kedua adalah kurang mendapat perhatian. Laki-laki memang tidak sepeka wanita. Hal tersebut terjadi karena laki-laki bermain dengan logika, sedangkan wanita menggunakan hati atau perasaan.

Perbedaan tersebut membuat tingkat perhatian dari wanita dan laki-laki sangat berbeda. Apalagi jika disibukkan dengan rutinitas masing-masing, akibatnya wanita merasa kehadirannya tidak dihargai.

Meski sepele, kenyataannya ini bisa membuat wanita berubah. Misalnya, dari yang hangat dan penuh perhatian tiba-tiba berubah menjadi dingin dan cuek. Jadi, tanda-tanda wanita sudah bosan dengan pasangannya adalah adanya perubahan pada sikapnya.

Sayangnya banyak laki-laki yang kurang peka dan tidak menyadari perubahan tersebut. Respon ini tentu saja akan membuat wanita semakin kesal dan kecewa. Tidak lama kemudian, akan muncul keraguan mengenai kelanjutan hubungan.

Jika membahas tentang kurangnya perhatian, sebenarnya bisa diselesaikan dengan obrolan yang baik. Sebagai dua individu dengan karakter yang berbeda, wajar jika akan ada perbedaan dalam menyikapi berbagai hal, salah satunya bentuk perhatian. Karena itu, sebaiknya kamu memahami love language pasangan.

Info Bermanfaat Lainnya:  6 Produk Moisturizer yang Cocok untuk Kulit Berminyak Terbaik Paling Direkomendasikan

Dalam hubungan percintaan, terdapat 5 bentuk love language yang harus kamu pahami agar dapat mengenali pasanganmu lebih baik. Kelima bentuk bahasa cinta tersebut antara lain physical touch, quality time, words of affirmation, receiving gifts, dan acts of service.

 

3. Terlalu Sering Bertemu

Alasan berikutnya adalah terlalu sering bertemu. Yup, kenyataannya pertemuan yang terlalu intens, bahkan berlebihan bisa memicu rasa bosan dalam hubungan pacaran.

Jika kamu dan pasangan terlalu sering menghabiskan waktu berdua, sebaiknya hentikan kegiatan satu ini. Kamu harus bisa menjaga ritme hubungan agar tetap seimbang.

Salah satu perasaan di dalam hubungan yang harus terjaga adalah rasa rindu. Perasaan ini nantinya akan membuat kamu dan pasangan memaksimalkan waktu berkencan supaya lebih hangat.

Sebaliknya, jika kamu dan pasangan berlebihan dalam menghabiskan waktu bersama, perasaan rindu pun perlahan-lahan akan menghilang. Akibatnya kualitas waktu yang kamu habiskan tidak lagi terasa menyenangkan ataupun memorable.

Mulai dari sekarang, aturlah waktu dengan baik untuk berkencan bersama pasangan. Misalnya, bertemu maksimal 3-4 kali dalam satu bulan. Melalui penerapan jadwal kencan tersebut, kamu bisa mencegah rasa bosan satu sama lain.

Kamu dan pasangan bisa memanfaatkan sisa waktu lainnya untuk berkumpul dengan keluarga, hangout bersama teman-teman, melakukan hobi masing-masing, dan kegiatan lainnya.

Itulah 3 alasan wanita bosan dengan pacarnya yang tanpa disadari oleh kebanyakan laki-laki. Rasa bosan yang muncul bisa saja terjadi sementara. Namun, tidak menutup kemungkinan perasaan tersebut akan berlangsung lama jika kamu sebagai laki-laki tidak menyadarinya.

 

Cara Mengatasi Wanita yang Sudah Bosan

Apa yang harus kamu lakukan jika wanita sudah merasa bosan? Mungkin inilah pertanyaan yang akan terus muncul jika kamu sudah melihat tanda-tanda pasangan mulai bosan dan berubah. Tidak perlu bingung, berikut beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi wanita yang sudah mulai bosan:

 

1. Berikan Perhatian Lebih

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kurangnya perhatian bisa menyebabkan wanita mudah bosan kepada pasangannya. Oleh karena itu, memberikan perhatian lebih tentu akan bantu mengatasi rasa bosan tersebut.

Pada dasarnya wanita lebih mengutamakan perasaan ketimbang logika. Karena itu, berilah wanita perhatian yang menimbulkan perasaan senang. Kamu bisa memberikan perhatian berdasarkan bahasa cinta seperti:

  • Quality Time

Caranya dengan meluangkan waktu untuk berkencan. Beberapa ide kencan menarik yang bisa kamu coba, antara lain makan malam romantis, pergi ke tempat rekreasi, menonton film favorit, menonton konser musik, dan lainnya.

  • Acts of Service

Misalnya, membantu menyelesaikan deadline pekerjaan pasangan, membukakan pintu mobil, menyuapi makanan, dan bentuk pelayanan lainnya yang disukai pasangan.

  • Word of Affirmation

Kamu bisa memberikan perhatian dalam bentuk ucapan manis, sapaan hangat, kalimat pujian, ungkapan rasa sayang, dan bentuk kalimat lainnya.

  • Receiving Gifts

Memberikan kejutan untuk pacar juga bisa menunjukkan rasa perhatian. Salah satu inspirasi kejutan untuk pacar yang bisa kamu coba adalah memberikan hadiah berisi barang kesukaannya seperti tas, skincare, makeup, dan lainnya.

  • Physical Touch

Misalnya, mengusap kepala, menggandeng tangan, atau memeluknya juga termasuk bentuk perhatian yang bisa kamu coba.

Info Bermanfaat Lainnya:  Cara Memilih Calon Istri yang Baik Dunia dan Akhirat

 

2. Lakukan Hal Baru dalam Hubungan

Cara mengatasi wanita yang sudah bosan berikutnya adalah melakukan hal-hal baru dalam hubungan. Rutinitas hubungan yang itu-itu saja memang bisa menimbulkan rasa bosan.

Agar hubungan lebih menarik, lakukan hal-hal baru. Seperti menonton konser, memasak bersama, piknik di taman, makan malam romantis, dan kegiatan baru yang belum pernah kamu dan pasangan lakukan.

Pastikan kegiatan-kegiatan baru tersebut kamu lakukan di waktu yang berbeda-beda. Misalnya, di pertemuan pertama diisi dengan makan malam, kemudian lakukan kegiatan lain di pertemuan kedua seperti pergi ke tempat rekreasi, begitu pula untuk pertemuan berikutnya.

 

3. Jadilah Pria yang Menyenangkan

Alasan wanita bosan dengan pacarnya adalah karena sifat pria yang kurang menyenangkan. Maka dari itu, jadilah pria yang menyenangkan. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan antara lain:

  • Menjadi pendengar yang baik.
  • Bantu menyelesaikan masalah.
  • Rutin memberikan kabar.

Jadikan pasangan sebagai salah satu prioritas utama. Jangan terlalu sibuk bekerja, sibuk bermain game online, atau sibuk dengan kegiatan lainnya. Bagilah waktu seadil mungkin antara hobi, pekerjaan, dan pasangan. Ini salah satu cara agar kamu menjadi pria yang menyenangkan.

 

4. Jangan Terlalu Banyak Menuntut

Tidak ada seorang pun yang suka dituntut. Salah satu hal yang membuat wanita akhirnya berhenti berjuang dan mulai dingin terhadap pasangan adalah karena banyaknya tuntutan yang mereka terima.

Wanita sangat tidak menyukai tuntutan yang berhubungan dengan penampilan. Misalnya, pria menuntut wanita untuk diet atau menaikkan berat badan, mengatur cara berpakaian, mengomentari cara berdandan, dan lainnya.

Ingatlah, setiap orang memiliki hak penuh atas tubuhnya sendiri, begitu pula wanita. Biarkan wanita tampil dengan cara yang mereka sukai dan nyaman menurut versinya.

Jika kamu merasa penampilannya terlalu berlebihan atau ada yang salah dari penampilan tersebut, utarakanlah dengan kalimat yang baik agar tidak melukainya. Bangunlah obrolan yang ringan dan menyenangkan, layaknya obrolan-obrolan seperti biasa.

 

5. Jangan Terlalu Posesif

Selain tidak terlalu banyak menuntut, sebagai pria kamu juga tidak boleh terlalu posesif atau mengekang wanita. Banyak orang menganggap bahwa, posesif merupakan salah satu bentuk kasih sayang seseorang kepada pasangannya. Namun, anggapan ini tidaklah benar.

Info Bermanfaat Lainnya:  6 Buah Buahan Yang Baik Untuk Ibu Hamil, Kaya Vitamin dan Serat

Sifat yang terlalu posesif menjadi salah satu red flag dalam hubungan. Sebab, pasangan tidak akan leluasa untuk melakukan kegiatan-kegiatan lain. Seperti berkumpul bersama teman, menelpon teman, membalas pesan dari orang lain, membangun relasi dengan teman kantor, dan lainnya.

Keterbatasan ruang gerak ini bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman, kesal, marah, dan tentu saja rasa bosan. Tunjukkanlah rasa sayang kamu melalui cara-cara positif, bukan mengekang kebebasan pasangan.

Misalkan, kamu cemburu atau keberatan dengan sikap pasangan terhadap orang lain, maka kamu bisa menyampaikannya dengan cara yang baik. Cara tersebut akan diterima dan pasangan pun akan membuat batasan-batasan dalam bersikap terhadap lawan jenis.

 

6. Jadilah Pria yang Fleksibel

Berikutnya adalah menjadi pria yang fleksibel. Maksudnya, kamu bisa menyesuaikan sikap sesuai dengan keadaan atau situasi saat ini. Misalnya, bersikap serius ketika membahas masalah-masalah penting, bercanda di waktu yang tepat, memberikan solusi ketika wanita sedang mengalami masalah, dan lainnya.

Menempatkan diri pada situasi yang tepat bisa mempengaruhi penilaian wanita kepada pasangannya. Semakin fleksibel kamu dalam menempatkan diri, maka semakin baik pula nilai yang kamu dapatkan dari wanita.

 

7. Evaluasi Diri

Salah satu alasan wanita bosan dengan pacarnya adalah kurangnya evaluasi diri. Tidak cukup dengan kata maaf, kamu juga perlu melakukan evaluasi agar pasanganmu tidak bosan.

Sebelum itu, kamu bisa menanyakan langsung kepada pasangan tentang apa saja sikap kamu yang membuatnya tidak nyaman. Setelah itu, tanyakan apa yang mereka inginkan agar kamu menjadi pribadi yang lebih baik dan peduli terhadap pasangan.

Merubah kebiasaan memang tidak mudah, akan tetapi kamu harus sadar bahwa kebiasaan buruk bisa menimbulkan efek buruk pula terhadap hubungan. Cobalah untuk mengevaluasi diri secara perlahan. Mintalah bantuan dan dukungan pasangan agar kamu lebih termotivasi untuk menjadi pria yang baik.

Melibatkan pasangan secara langsung dalam proses evaluasi diri juga menunjukkan bahwa kamu sangat menghargai keberadaannya. Selain itu, ini juga termasuk bukti bahwa kamu tidak ingin membuatnya kecewa.

 

Sudah Tahu Alasan dan Cara Mengatasi Wanita yang Sudah Bosan?

Itulah informasi mengenai alasan serta cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi wanita yang bosan dengan pacarnya. Menjalani hubungan memang tidak mudah karena beberapa perbedaan. Namun, kamu dan pasangan bisa melewatinya bersama-sama. Yuk, jadilah pasangan yang lebih peka dan perhatian!